Hits: 0

KPU Kubar Serahkan DPS pada Tim Kampanye Paslon pilkada Kaltim

Penyerahan Daftar Pemilih Sementara dan Koordinasi Pemasangan Alat Peraga Kampanye, Jumat 23/3/2018 di Kantor KPU Kubar. SONNY LEE HUTAGALUNG/KABARKUBAR.COM

BARONG TONGKOK – KABARKUBAR.COM
Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Kutai Barat menyerahkan data Daftar Pemilih Sementara atau DPS kepada Tim Kampanye pasangan calon di Pilkada Kaltim 2018. Dalam data berupa soft file itu diketahui pemilih di Kubar saat ini mencapai 111.347 orang. Para tim dari kandidat Gubenur dan Wakil Gubernur Kaltim diminta untuk ikut mencermati data itu.

Dari data DPS itu, pemilih masih didominasi laki-laki yang mencapai 58.831 orang, atau 52,83 persen dari total pemilih. Sedangkan perempuan terdapat 52.516 orang, atau 6.315 lebih sedikit. Dari 16 kecamatan se-Kubar yang mencapai 190 kampung dan 4 kelurahan, terdapat 363 Tempat Pemungutan Suara atau TPS. Terbanyak di Kecamatan Barong Tongkok yang berjumlah 25 TPS.

“Penyerahan DPS merupakan dasar KPU untuk menetapkan Daftar Pemilih Tetap di Kubar dalam mengikuti Pilgub Kaltim tahun 2018. Mari kita sukseskan dan dukung Pesta Demokrasi ini dengan tetap menjaga stabilitas keamanan dan ketertiban,” ujar Ketua KPU Kubar, FX Irianto, Sabtu 24/3/2018 di Kantor KPU Kubar.

Dalam Penyerahan DPS dan Koordinasi Pemasangan Alat Peraga Kampanye itu, dihadiri  4 Komisioner KPU Kubar lainnya. Yakni Arkadius Hanyeq, Martinus, Yohanes Nuel dan Suhaini. Hadir pula Syamsuniq selaku Sekretaris KPU Kubar. Ada juga Kepala Staf Kodim 0912/KBR, Mayor Infanteri Wahyudi, Isak Pongsama sebagai Kepala Bidang Politik Dalam Negeri Badan Kesbangpol Kubar, dan Widodo dari Satpol PP Kubar.

Dari data DPS tersebut, terungkap jika kantong suara ada di Kecamatan Barong Tongkok dengan jumlah pemilih mencapai 18.025. Dengan 20 kampung dan 1 kelurahan di wilayahnya, Barong Tongkok dijatah 55 TPS. Pemilih terbanyak kedua diduduki Kecamatan Linggang Bigung yang terdapat 22 TPS dalam 11 kampung. Pemilih di kecamatan ini mencapai 10.856 yang terdiri dari 5.706 laki-laki dan 5.150 perempuan.

Sedangkan wilayah yang paling sedikit pemilihnya adalah Kecamatan Bentian Besar. Dengan 11 TPS dalam 9 kampung, Bentian Besar memiliki 2.218 pemilih. Disusul Kecamatan Penyinggahan yang terdapat 9 TPS dalam 6 kampung, memiliki 2.775 pemilih.

Berikut Data DPS yang diumumkan KPU Kubar kepada Tim Kampanye 4 Paslon:

KPU Kubar akan memasang APK yang di tiap kecamatan. Informasinya, masingakan dipasang -masing 9 set umbul-umbul di Kecamatan Melak, Sekolaq Darat dan Linggang Bigung. Sedangkan di Kecamatan Barong Tongkok dipasang 12 set. Untuk spanduk dipasang masing-masing 10. Namun di Kecamatan Melak, Sekolaq Darat dan Linggang Bigung hanya 6 set. Sementara di Kecamatan Barong Tongkok disiapkan 11 set.

“Paslon berhak memasang baliho di sekretariatnya dengan mengajukan pengajuan tertulis kepada KPU. Bukti pemasangan APK yang disepakati harus sesuai keputusan KPU. Soal tempat pemasangan sudah disepakati,” ujar Fachrujiansyah Bachsan dari Panwaslu Kubar, saat Penyerahan Daftar Pemilih Sementara dan Koordinasi Pemasangan APK di Kantor KPU Kubar. #Sonny Lee Hutagalung

Comments

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here